Kontes Batu Akik Yang Semakin Menggila



Tren batu mulia kian hari makin meluas dan makin di minati masyarakat. Tak ayal, semua hal tentang batu mulia ini makin menarik untuk disimak dan membuat penasaran termasuk ajang pameran batu mulia yang semakin menjamur dibanyak daerah di Indonesia.

Latar belakang tersebutlah yang kemudian membuat pameran batu mulia kembali digelar di dua tempat berbeda di kota Jogjakarta. Pameran pertama tentu saja Pameran Komunitas Batu Mulia dan Permata Nasional bertajuk 'National Gemstone Community Expo' yang rencananya akan digelar Galeria Mall Jogjakarta, 1-5 April. Lalu pameran Pesta Batu Jogja Istimewa akan digelar di timur Balaikota Yogyakarta, Jl Ipda Tut Harsono 31 Maret-5 April.

Nur Rahmad, Ketua Panitia mengatakan selain pameran batu, juga akan diadakan kontes batu akik tingkat nasional yang memperebutkan Piala Walikota Jogjakarta. Pameran ini nantinya juga menjadi bagian dari peluncuran Asosiasi Komunitas Batu dan Permata Indonesia (Askombaperindo) Yogyakarta.

Pameran tersebut tidak hanya akan dihadiri oleh peserta dari kota Jogja sendiri namun juga akan hadir komunitas batu mulia yang ambil bagian antara lain Dargo Semarang Gems Centre D'SGC), Pati Indonesian Gemlovers, Semarang Gemstone Community, Permata Lawu Galery & Cafe. Serta didukung Lembaga Pengembangan dan Sertifikasi Batumulia (LPSB) Martapura Kalimantan Selatan dan Avian Noor Gems Lab. 




"Tidak ada batasan jumlah batu yang diikutkan kontes. Satu orang boleh mendaftarkan banyak batunya," kata Nur Rahmad belum lama ini.

Perwakilan Semarang Gemstone Community Wiyoto Herukisworo mengatakan, khusus lomba batu akik nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok, seperti kelompok, Batupandan, Pancawarna, Chalcedony, Pictorial Agate,Fire Opal Pacitan dan lain-lain. 

Kriteria penilaian dalam lomba ini dilihat dari kejernihan batu, keseimbangan batu,harmonisasi warna, keutuhan batu, cutting, fenomena visualisasi dan yang lainnya, dewan juri yang hadir pada kontes batu akik ini datang dari unsur akademisi,pengamat perbatuan, ahli batu mulia, pengamat perbatuan, dan ahli geologi




0 comments:

Post a Comment