Menlu Iran: Lembaran Baru Telah Terbuka


Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, lembaran baru telah terbuka bagi Iran dengan dicapainya kesepakatan nuklir dengan enam negara kekuatan dunia. Kesepakatan tersebut tercapai setelah negosiasi selama kurang lebih dua minggu.


"Dengan tercapainya kesepakatan nuklir, kita telah memulai babak baru, sebuah harapan baru," kata Zarif sebelum menggelar pertemuan dengan Uni Eropa dan Menlu enam kekuatan dunia, seperti dilansir news.am pada Selasa (14/7/2015).

Dirinya juga menuturkan, walaupun kesepatan tersebut tidaklah sempurna, namun menurutnya kesepakatan tersebut tetap menjadi sebuah prestasi besar nan bersejarah, karena membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan.

"Apa yang terjadi hari ini telah mengakhiri krisis yang tidak perlu. Kami telah mencapai momen bersejarah. Ini bukan kesepakatan yang komprehensif untuk semua pihak yang terlibat, tetapi adalah prestasi terbaik yang bisa dicapai," sambungnya.

Rencananya, Iran, UE dan enam kekuatan dunia akan melakukan pertemuan terakhir yang diakhiri dengan pernyataan pers pada pukul 08.30 malam nanti di Wina, Austria. Banyak pihak percaya, rincian kesepakatan akan diutarakan dalam konfrensi pers tersebut.

0 comments:

Post a Comment