Jet Tempur Nato Gagal Lepas Landas, 10 Orang Tewas



Madrid - Pesawat tempur F-16 milik Yunani jatuh dalam latihan NATO di Spanyol. Kebakaran dan asap hitam pun mengepul ke udara di pangkalan udara Los Llanos di Spanyol tenggara.

"10 Orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut. Lebih dari 12 orang luka-luka, tujuh di antaranya dalam kondisi serius dan kritis," kata juru bicara pihak NATO seperti dikutip dari VOA News, Selasa (27/1/2015).

"Pesawat jet itu sedang tinggal landas ketika menabrak sejumlah pesawat yang ikut dalam latihan NATO dan sedang diparkir," jelas juru bicara pihak NATO itu.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan duka-cita kepada mereka yang kehilangan anggota keluarga dalam kecelakaan pesawat itu. "Peristiwa itu merupakan tragedi yang menimpa seluruh keluarga NATO," kata dia.

"Mereka yang meninggal 10 personel militer Perancis dan Yunani. 8 Dari mereka yang tewas dari Perancis dan 2 lainnya dari Yunani," kata Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy dikutip dari The Globe and Mail.

Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan, korban luka sudah mencapai 21 orang.

"Sebelas dari mereka yang cedera merupakan warga Italia, dan sepuluh lainnya orang Perancis," tutur dia.

"Lima di antara mereka menderita luka bakar parah dan sudah dibawa ke rumah sakit Madrid untuk pengobatan. Sisanya menjalani perawatan di Kota Albacete," demikian dijelaskan Kementerian Pertahanan Spanyol.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Prancis mengatakan lima warga negara mereka yang ikus serta dalam pelatihan tersebut mengalami luka berat. Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian dilaporkan akan menuju ke TKP hari Selasa.

"Jet dengan 2 kursi itu lepas landas namun kehilangan daya dorong dan jatuh ke daerah basis di mana pesawat lain yang terlibat dalam latihan Pakta Pertahanan Atlantik Utara sedang diparkir," kata Kementerian Pertahanan Spanyol.

Lima jet rusak dan pernyataan dari kementerian pertahanan Italia mengatakan banyak helikopter mengalami kerusakan.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut kecelakaan itu sebuah tragedi yang mempengaruhi keluarga NATO secara keseluruhan. Kementerian Spanyol mengatakan jet yang jatuh mengambil bagian dalam latihan NATO disebut Tactical Leadership Program (TLP).

Menurut situs Angkatan Udara AS, TLP dibentuk pada tahun 1978 oleh angkatan udara Venezuela Tengah NATO untuk memajukan kemampuan taktis dan menghasilkan taktik, teknik dan prosedur yang meningkatkan operasi udara multi-nasional taktis.

0 comments:

Post a Comment